Penderita Gangguan Jiwa Punya Hak Untuk Sembuh



JAYAPURA- Kepala Seksi  Pelayanan Medis Rumah sakit Jiwa Abepura, Paulus Ronsumbre, S.Kep mengungkapkan bahwa orang dengan Gangguan Jiwa (ODG) yang saat ini masih berkeliaran ditempat umum,sebenarnya mereka juga memiliki hak untuk bisa sembuh."Kita punya tanggung jawab atas mereka yang menderita Gangguan Jiwa dan mereka juga punya hak untuk sembuh,maka dari itu para PDGJ ini perlu ditangani dan diperhatikan agar bisa sembuh," ungkap Paulus  saat ditemui.

Oleh karena itu, RSJ Abepura juga sudah ada kesepakatan dengan Dinas Sosial Kota Jayapura maupun Provinsi Papua untuk melakukan penanganan terhadap masyarakat yang memiliki Gangguan mental yang masih berkeliaran di Wilayah Kota Jayapura.
"Kami sudah mencapai kesepakatan untuk berkerja sama menangani saudara-saudara kita yang cacat mental yang sampai saat ini berkeliaran di Wilayah Kota Jayapura,"tuturnya. Kebijakan itu dilakukan agar penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Jayapura bisa lebih optimal.sebab hingga saat ini di  Kota Jayapura masih terlihat ODGJ  yang berkeliaran dan tidak mendapat penanganan.

    Paulus melanjutkan, agar kerja sama itu bisa terjalin,pihaknya akan langsung berkordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan seperti aparat keamanan,masyarakat dan juga Dinas-dinas.

     Meski tidak mempunyai tempat untuk rehabilitasi, namun menurut Paulus,RSJ Abepura akan siap untuk melayani masyarakat penderita gangguan jiwa tersebut. Pihaknya akan melakukan pelayanan dengan peralatan atau fasilitas yang Ada untuk menangani para ODGJ tersebut.Menurut Paulus penertiban sekaligus penanganan terhadap orang pengidap gangguan jiwa itu dilakukan guna mengantisipasi adanya tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh orang gila.
     Sebenarnya kata Paulus orang gila itu sudah sembuh sanggat tergantung dari lingkungannya.    Ketika sudah sembuh pihak keluarga harus pro aktif juga melakukan perawatan.
    "Jangan menganggap setelah keluar dari rumah sakit jiwa, keluarga ada juga yang mengangap tak apa dan melakukan pembiaran sehingga kembali gila Lagi , "ungkapnya.

Penulis : Valhery Joineer - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Penderita Gangguan Jiwa Punya Hak Untuk Sembuh "

Post a Comment