"Jurnalis Warga (JW TIFA) Bekersama dengan Dinas KOMINFO Kota Jayapura"

JW TIFA Foto Bersama Staf Dinas KOMINFO Kota Jayapura (02 Mei 2018)

Jayapura,-Saat ini dunia jurnalistik tidak hanya milik wartawan professional saja tapi milik semua orang yang ingin berbagi informasi lewat Citizen Journalism (jurnalisme warga). Jurnalisme warga salah satu rubrik yang disediakan media massa kepada semua warga seolah-olah berprofesi sebagai wartawan professional. Sebab warga melakukan kegiatan jurnalistik mulai dari mencari, mengumpulkan dan mengolah menjadi sebuah berita dan menyebarkan pada media massa tertentu yang diinginkan. Tujuan hanya satu menyampaikan informasi yang memiliki unsurnilai berita bagi banyak orang.

Diskusi Bersama Kepala Dinas Kominfo Kota Jayapura

Citizen Journalism merupakan suatu bentuk kegiatan jurnalistik yang melibatkan warga masyarakat untuk ikut mengisi media. Warga masyarakat diberikan kebebasan untuk memberitakan dan melaporkan peristiwa atau kejadian yang dekat dengan lokasi tempat tinggalnya. Artinya, siapa saja, baik ibu rumah tangga, Pegawai Negeri Sipil, pelajar, militer, maupun usahawan, dengan menggunakan teknologi informasi yang tersambung ke internet, dapat meliput dan mendistribusikan atau mengirimkan berita ke media massa.





Oleh sebab Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) menguatkan peran dan posisi jurnalis warga (JW TIFA), di Kota Jayapura dengan membuat pendampingan dengan mengkonsolidasi, meningkatkan kapasitas dan networking terutama dengan CSO serta memotivasi mereka dalam menyampaikan berbagai laporan tentang situasi perempuan dan anak di areanya masing-masing.

Para jurnalis warga juga akan didorong dan diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan media utama. Hal ini agar suara JW juga mendapat tempat di media utama dan  lebih menjadi perhatian pemerintah untuk mendapat respons selain itu Jurnalis Warga juga diharapkan dapat bekerjasama dengan Diskomifo Kota Jayapura.

Penulis : Gerrard - Koordinator JW Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to ""Jurnalis Warga (JW TIFA) Bekersama dengan Dinas KOMINFO Kota Jayapura""

Post a Comment