Bagihaa Tempat Bersejarah Yang Tersembunyia


BAGIHAA  merupakan salah satu tanah yang dianggap suci dan keramat. Bagihaa terletak di Kabupaten Dogiyai, Distrik Sukikai bagian selatan,  Kampung Iyago.

 Letak geografisnya sangat  luas dan daerah yang terpencil. Dan melalui daerah itu pula lah pintu masuknya Agama dan pendidikan daerah Mapiha. Sebelum agama dan pendidikan masuk di daerah itu (Bagihadoko), karena lantaran ada pro dan kontra sehingga masyarakat di kampung itu saling bertenggar antar sesama marga di kampung daerah sekitar itu.

Masyarakat saat itu  belum memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya sehingga wajar diberlakukan tindakan tersebut, namun setelah diajari oleh gurunya Edoardus Kamoro, saat itulah mereka (masyarakat Bagihadoko) mulai memahami dan mampu membedakan nilai-nilai sosial serta norma yang berlaku sehingga perkataan adat atau budaya masyarakat itu mulai diterapkan (Amuu, Mamuu,Daa Manaa, Peu Manaa) dalam hidup dan kehidupannya.

Disana (Kampung Bagiha) tempat pertama pendidikan dan agama tersinggah. Masyarakat Bagiha mulai belajar dan diajari dan akhir mulai sadar akan tujuan pendidikan dan agama pula setelah itu melauslah di daerah Tootiki hingga wasewatase bahkan sampai  tersebar wilayah Meepago dan khusus daerah Mapiha.

Kata tidak boleh maka sesuatu yang tidak wajar dilakukan sehingga penalaran mulai diberlakukan ditengah kehidupan masyarakat sosial. Pelbagai tindakan yang negatif yang ingin dilakukan kini tengah dibatasi lewat agama dan pendidikan sehingga kesadaran masyarakat terharap  pemikiran negatif mulai merosot dan rasa persaudaraan menjadi terdepan dalam hidupnya masyarakat itu sendiri.

 Apa yang telah dipelajari menjadi petunjuk kearah positif dan budaya masyarkat itu dapat dijadikan sebagai panutan dalam kehidupannya.

Pendidikan  adalah  penunjuk  arah yang baik dan mengandung nilai-positif di dalaamnya pula mengandung hal-hal positif, pedoman hidup pula melalui pendidikan, semua orang mulai bisa beradaptasi sendiri dan kita bisa menghargai orang lain yang ada disekita kita.

 Menghargai orang lain adalah hal yang sangat urgen karena berawal menghargai orang lain maka orang lain pula akan menghargai kita. Kehidupan selalu mengalami perubahan yang cukup dasyat yaitu hulu, kehidupan para nenek moyang berbeda dengan zaman sekarang artinya bisa dibilang hidup dalam kegelapan masa hulu, jauh berbeda dengan sekarang masa modernitas (serba instan).

Melalui religious and education  pendidikan adalah tongkat yang luar biasa yang dapat  mengantarkan kita Kehidupan yang abadi jiwa maupun ragah.

Semuanya itu berhasil dengan baik via generasi kegenerasi maka pertama kali Pastor Tillman's dengan seorang guru Odoardus Kamoroo berdua telah menanam bibit yang baik di tanah yang subur, tanah Bagihadoko, atau  Mapihaa dokoo maka itu,  sekarang kita menguai dengan baik.

Bagiha tidak pernah ditulis dalam buka sejarah apapun. Padahal, tempat bersejarah yang tersembunyi.

Penulis : Yulianus Mekei

Related Posts:

1 Response to "Bagihaa Tempat Bersejarah Yang Tersembunyia"

  1. Sangat benar saudara menjadi fundamentalis adalah kebiasaan orang tua kami dengan bersifat universal.

    ReplyDelete