"Asrama Kasih Hagar Gelar Seminar Bagi Penghuni Baru"



Jayapuara,-- Seminar sehari dan perkenalan Asrama Kasih Hagar di Jayapura yang menerima penghuni baru sebanyak 19 orang, di antaranya empat orang perempuan dan 14 orang laki - laki yang telah mengikuti seminar sehari dan perkenalan  dilingkungan Asrama Kasih Hagar Perumnas III Waena sebelah kali Kamwolker  Sabtu, (20/10/2018) kemarin.

Menurut pembina atau pendiri Asrama Kasih Hagar,( Askar )  ibu Hagar A. Madai dirinya mengapresiasi kepada panitia pelaksana dan seluruh penghuni Asramah Kasih Hagar (ASKAR ) karena dirinya menilai kegiatan seperti ini mendukung misinya yang hendak lakukan di tempat tersebut.

"Pendidikan perlu diprioritaskan di Papua agar Sumber Daya Manusia di Papua tercipta dengan baik. Saya merasa bahagia dengan adanya asrama ini, enam puluh mahasiswa yang telah wisuda dan dalam waktu dekat ini lima mahasiswa asal Meepago akan wisuda pula sehingga saya minta kepada pemerinta provinsi dan pemerinta kabupaten perhatikan anak-anak kita di asrama ini,"ujarnya.

Lanjutnya, tidak mampu memperhatikan atau memenuhi kebutuhan mahasiswa secara keseluruhan namun yang bisa bantu adalah listrik, air, dan saat kesibukan wisuda. Dirinya menilai jika pendidikan prioritaskan maka tidak sukar menggantikan posisi dalam pelbagai hal untuk kepentingan kedepan di Papua.

"Bertambahnya penghuni baru sebanyak  sembilan belas orang ini, sebelumnya penghuni tidur satu kamar 3 sampai 4 orang saya berupaya menambahkan 5 kamar plus 6 kamar mandi  yaitu 3 kamar mandi di tingkat bawa dan 3 kamar di lantai 2 sehingga kebutuhan lain ditanggung sendiri karena subsidi saya sangat terbatas,"katanya.

 Saat ini saya meminta bantuan kepada pemerinta provinsi Papua dan Pemerinta Kabupaten melihatkebutuhan mahasiswa dalam hal fasilitas asrama.

Kesempatan yang sama, selaku Ketua Panitia Daniel Gobai menyatakan, dalam kegiatan ini kami melakukan dengan uang senilai  5 juta dan hasil uang tersebut dari hasil upaya kami sendiri penghuni. Kami tidak pernah minta bantuan dalam bentuk apa pun kepada pemerintah namun hasil yang kami dapatkan ini usaha kami sendiri.

Dalam kesempatan itu pula Sekretaris Panitia Abino Y. Madai menyatakan melalui kegiatan ini, saling mengenal satu sama lain sesuai dengan Thema (Tak di kenal maka Tak diSayang ).

 "Harapan kami, adik-adik yang baru bergabung di asrama kasih hagar ini bisa diikuti apapun yang telah terapkan dalam bentuk aturan asrama disini,"pungkasnya.

Dalam waktu yang sama, senior dari Asrama Kasih Hagar, Fransiskus Mote menyatakan, kami disini tidak pernah di perhatikan oleh pemerintah dalam bentuk apapun. Apa yang kami lakukan di asrama ini, hasil usaha bersama pendiri asrama sekaligus pembina asrama mama Hagar A.Madai.

 "Kami punya proposal selalu diajukan di dinas sosial provinsi Papua tetapi pihak pemerintah tidak pernah realisasikan permintaan kami. Oleh karena itu, saya pesan kepada pemerinta, ibu Hagar A. Madai dengan inisiatif telah membangun asrama sehingga untuk mencari sumber daya yang berkualitas, mampu melihat masyarakat di Papua maka pemerintah membuka mata untuk melihat ketinggalan pendidikan di Papua,"harapnya.

Penulis : Efendi Minai - Jurnalis Warga Kota Jayapura
Editor   : Christian Degei - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to ""Asrama Kasih Hagar Gelar Seminar Bagi Penghuni Baru""

Post a Comment