Mentoring Jurnalis Warga (JW TIFA) Kota Jayapura Ke VII





 Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara, melalui Forum Jurnalis Warga Kota Jayapura melakukan pertemuan mentoring ke VII bagi 12 orang jurnalis warga, kegiatan ini dilakukan di ruang pertemuan Kantor Yayasan Harapan Ibu Papua.

Pertemuan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan, dengan topik dan isu yang berbeda-beda.

Jurnalis warga saat ini berkembang dengan begitu pesat, bahkan dapat dilihat pada media-media online yang digunakan saat ini baik facebook, website maupun jenis sosial media lainnya, sehingga di harapkan setiap anggota JW mampu membuat berita berdasarkan fakta.

Pentingnya peran dan partisipasi jurnalis warga dalam berbagai isu serta persoalan-persoalan yang terjadi, di harapkan JW mampu memberikan warna tersendiri untuk satu perubahan yang lebih baik.

Anggota JW berasal dari latar belakang yang berbeda, sehingga melalui forum ini, tidak hanya sebatas pertemuan untuk membahas tentang media namun  menjadi tempat berbagi dan belajar bersama.

Situasi dan kondisi Kota Jayapura dengan berbagai isu permasalahan yang berbeda-beda, terkadang memberikan tantangan tersendiri kepada setiap anggota JW untuk membuat berita.

Pada setiap mentoring, selalu di awali dengan berbagi bersama, yaitu setiap individu diberikan kesempatan untuk menceritakan tentang pengalaman-pengalaman  pribadi serta tantangan-tantangan dalam menulis berita, agar menjadi informasi dan pemikiran bersama agar saling memotivitas dan mencari solusi bersama pada setiap persoalan yang ditemui.

Pada pertemuan kali ini, Koordinator JW mempresentasikan hasil berita yang di posting melalui sosial media facebook. Memberikan apresiasi untuk beberapa peningkatan, serta kontribusi anggota yang sejauh ini terlibat dalam penulisan. Namun disisi yang berbeda, masih ada beberapa isu yang kurang, sehingga di harapkan setiap anggota mampu terlibat aktif dalam menulis isu-isu yang menjadi persoalan saat ini, dan tidak terbatas di Kota Jayapura.

Sebagai salah satu upaya mengatasi persoalan di atas maka, pada kesempatan kali ini setiap anggota diberikan tugas untuk membuat tulisan berdasarkan latar belakang aktifitas individu dengan tidak menutup kemungkinan untuk tetap menuliskan berita-berita dengan isu lainnya. Pembagian ini, untuk menumbuhkan kepercayaan diri serta keterlibatan setiap orang dalam membuat berita.

Dibawah ini adalah isu-isu yang diberikan kepada setiap anggota JW yaitu :

Isu-isu yang menjadi topik adalah :
1. Pendidikan
2. Kekerasan Berbasis Gender
3. Budaya
4. Hukum
5. Olahraga
6. Jurnalis warga
7. Ekonomi
8. Kesehatan
9. dll

Beberapa hal yang di hasilkan dari pertemuan ini yaitu :

1. Adanya pembagian tugas setiap anggota JW untuk menulis berita
2. Pembuatan Profil Anggota JW Tifa Kota Jayapura
3. Rencana Pembuatan seragam JW
4. Mentoring Ke VIII pada tgl 20 September 2018
5. Adanya diskusi dan sharing bersama sesama anggota JW


Foto Bersama






By : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Mentoring Jurnalis Warga (JW TIFA) Kota Jayapura Ke VII"

Post a Comment