"Jurnalis warga Kota Jayapura"






Stand Pameran Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) ikut memeriakan Festival Film Papua II Jayapura, 7 - 9 Agustus 2018 lalu. Melalui Pameran ini kami dapat mempromosikan kegiatan Jurnalis Warga Tifa kota Jayapura.
Selain menampilkan berbagai foto-foto kegiatan adapula hasil kerajinan tangan berupa anting-anting, kalung,bunga-bunga dan juga makanan-makanan khas daerah Papua yang dipamerkan bersama-sama komunitas WARNA. 


saat di konfirmasi, Gerrard Raja sebagai Koordinator Jurnalisme Warga Kota Jayapura mengatakan dalam kesempatan itu juga merupakan ajang promosi tentang adanyanya JW di Kota Jayapura sembari menyampaikan bahwa Semua orang bisa menjadi jurnalis warga, yang dibutuhkan hanyalah hasrat atau keinginan yang kuat, sedikit latihan, dan keinginan untuk menyampaikan cerita yang bagus. Kita bisa bergabung dengan situs berita atau menyebarkan berita kita secara independen baik melalui media sosial maupun blog, atau situs berita pribadi. Saat ini adalah waktu yang terbaik bagi setiap warga untuk keluar dan melaporkan semua kejadian yang ada di sekitarnya.

PPMN telah membuktikan dengan membentuk dan mendampingi jurnalis warga selama bertahun-tahun di berbagai daerah, mereka bisa menjadi  pendorong bagi perubahan pada tingkat komunitas dan lokal. Beberapa program jurnalis warga yang sukses dikembangkan adalah monitoring layanan pendidikan dan kesehatan di daerah-daerah terpencil di Papua (2013 – 2016).

Oleh sebab itu saat ini PPMN ingin menguatkan peran dan posisi jurnalis warga dengan membuat pendampingan dengan mengkonsolidasi, meningkatkan kapasitas dan networking terutama dengan CSO serta memotivasi mereka dalam menyampaikan berbagai laporan tentang situasi perempuan dan anak di areanya masing-masing. Para jurnalis warga juga akan didorong dan diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan media utama. Hal ini agar suara JW juga mendapat tempat di media utama dan  lebih menjadi perhatian pemerintah untuk mendapat respons.Dalam kesempatan kali ini, komunitas jurnalis warga juga akan diperluas kekalangan laki-laki dan anak muda untuk mengadvokasi persoalan pendidikan , kesehatan ,perempuan, anak, gender, dll.

By : Hank Pataijera - Jurnalis Warga Kabupaten Jayapura



Related Posts:

0 Response to ""Jurnalis warga Kota Jayapura""

Post a Comment