Dinas Kesehatan Kota Jayapura Gelar Pertemuan Notifikasi Pasangan

Langkah strategis untuk mengurangi kesenjangan dan mendorong perawatan HIV sedini mungkin sertaan  mendukung kepatuhan dalam terapi ARV adalah dengan perluasan test HIV. Mempertimbangkan situasi epidemi disebagian besar wilayah indonesia yang terkonsentrasi pada populasi kunci dan mulai meluas pada populasi umum maka melakukan promosi tes HIV kepada populasi pasangan kunci dan pasangan serodiskordan menjadi satu langkah yang sangat strategis. Untuk itu pengarusutamaan tes HIV bagi pasangan populasi kunci dan pasangan serodiskordan kedalam setiap tahapan dalam layanan berkelanjutan pada penanggulangan HIV menjadi kebijakan yang mendasar yang diperlukan untuk inisiasi dini terapi ARV untuk ODHA.

Promosi test HIV pada pasangan populasi kunci dan pasangan serodiskordan yang disebutkan diatas akan menjangkau lebih banyak pasangan yang melakukan test HIV. Mengetahui status atau test HIV adalah pintu masuk untuk perawatan, dukungan dan pengobatan serta mitigasi dampak yang lebih dini. Ini berkaitan pula dengan kualitas hidup yang lebih baik dan penurunan resiko penularan kepada orang lain (Termasuk pasangan). Hal ini akan memaksimalkan jalannya program yang sedang dijalankan pemerintah indonesia yaitu Fast Track di Indonesia yang mendorong pengobatan HIV secara dini pada orang yang terinfeksi HIV (Termasuk Pasangan Populasi Kunci) dan layanan Konfrehensip Berkesinambungan (LBK).

Notifikasi Pasangan atau pencarian kontak pengungkapan status adalah suatu proses yang dilakukan secara sukarela dimana petugas kesehatan meminta  kepada pasien untuk mengungkapkan status HIV kepada pasangan seksual atau pasangan penasun dengan harapan pasangan bisa dilakukan test HIV juga dan memberikan akses pengobatan jika hasil test positif.

Demikian salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Kesehatan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV, melalui kegiatan pertemuan notifikasi pada pasangan yang dilaksanakan dari kamis 30 hingga Jumat 31 Agustus  bertempat diruang rapat Dinas Kesehatan dan diharapkan dengan kegiatan ini para konselor HIV yang berada di puskesmas mampu melakukan notifikasi pasangan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan penemuan dini kasus HIV dan terapi dini ARV.

By : Gerrard - JW Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Dinas Kesehatan Kota Jayapura Gelar Pertemuan Notifikasi Pasangan"

Post a Comment