Unit Pertolongan Cepat (UPC) Kabupaten Jayapura







UPC ini telah ada sejak 2016, yang di programkan oleh pemerintah, dalam hal ini dinas kesehatan Kabupaten Jayapura, yang bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Jayapura dalam mempermudah akses untuk layanan kesehatan.

Tadi malam, kami kesulitan untuk mengantar salah satu dampingan, kemudian mencoba datang ke Puskesmas Sentani Kota, untuk meminta bantuan UPC.
Kami dibantu oleh salah satu suster dan mantri yang dengan bagitu cepat, mempersiapkan kendaraan dan beberapa dokument yang dibutuhkan, kemudian kami langsung menuju rumah dampingan. pukul 12.15 tiba di rumah dampingan,dengan kondisi yang begitu drop, namun kami tidak bisa langsung bergerak karena pasien hanya tinggal berdua dengan anaknya yang masih kecil, sehingga kami harus menunggu orang yang mau membantu menjaga sebelum menuju ke RS.

Namun dengan kondisi yang begitu drop kami kembali lagi ke PKM Sentani Kota, untuk oksigen dan pemasangan infus, mengingat perjalanan ke RS AB yang cukup jauh. 01.15 kami tiba di RS AB tetapi ternyata semua ruangan penuh, beberapa saat menunggu, namun tidak memungkinkan. Kemudian suster menghubungi RS dok 2, tapi ternyata sama, tidak ada ruangan.

Akhirnya menghubungi RS Yowari dan meminta bantuan. Kami kemudian kembali lagi ke Sentani menuju RS Yowari.02.13 tiba di RS Yowari, pasien mendapat penanganan.

Cukup kesulitan, karena pasien belum memiliki BPJS, dan tidak memiliki keluarga dekat, sehingga untuk membawa pasien ke RS Swasta menjadi salah satu pemikiran yang sulit untuk dilakukan. Namun paling tidak saat ini pasien sudah mendapatkan perawatan di RS Yowari.

Kab Jayapura, dengan letak geografis yang berbeda-beda, dan berbagai latar belakang situasi dan kondisi, sehingga dengan adanya UPC mempermudah masyarakat untuk mendapat pertolongan cepat untuk akses layanan kesehatan.

Dengan adanya UPC ini, sangat membantu, dan semoga seluruh masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini, ada nomor kontak yang telah di siapkan jika membutuhkan bantuan, namun jika kemungkinan nomor kontak sulit di hub, dapat langsung ke PKM Sentani Kota, UPC berada tepat di PKM Sentani Kota.

No Kontak UPC : 082248589700 & 082248589600

By : Hiswita Pangau - Jurnalis Warga Kota Jayapura

Related Posts:

0 Response to "Unit Pertolongan Cepat (UPC) Kabupaten Jayapura"

Post a Comment